Minggu, 05 Mei 2013

Utuh Karinyum Si Naga Hirang 05


Utuh Karinyum Si Naga Hirang (Bagian 5)

Lima
Sakalinya Utuh Karinyum asa karasaan banar bagana di Kampung Dadap. Kada ingat lagi inya handak balalah di jagat pandikar Hujung Tanah maamalakan ilmu nang dipakulih matan pagurunya. Kada karasaan pitung ari hudah inya bagana di rumah Pambakal Acut. Lawan Diyang Ruyan inya kaliyatan hudah rapat banar, hudah saling bakakatujuan. Hudah saling jatuh cinta, jar urang wayahini.
Pambakal Acut basukur banar napa nang diharapakannya takabul maliyat anak bibiniannya hudah taulih sasangkutan hati balahan jiwa. Malam nang kawalu Utuh Karinyum bagana di rumahnya, baastilah inya mangiyaw Utuh Karinyum saurangan.
“Ada nang handak kupandirakan, Tuh ai,” jarnya pas kaluarganya hudah pina guringan.
“Napa?”
“Kaya ini, Tuh ai. Mudahan haja aku kada salah liyat wan kada salah sangka. Aku handak batakun lawan diikam. Ni kita anggap haja pandiran urang tuha lah? Lain pandir kakanakan lagi?”
“Inggih, Pakacil ai!”
“Ikam babanaran katujulah lawan anak diaku si Diyang Ruyan tu?”
“Nyata ai, Pakacil ai!” jar Utuh Karinyum lakas. “Siapa nang kada katuju lawan anak pian nang sing bungasan tu?”
“Kada inya kaya itupang. Maksud diaku ni, ada kada ikam ni bamaksud handak babini? Handak maambil anakku tu bini?”
Mandangar tatakunan nang kaya itu, bagiras kapala ai Utuh Karinyum. Banaran pang rambutnya barasih haja kada bakayakih, tagal asa jadi gatal kapalanya pas ditakuni kaya itu. Asa bingung jua inya. Sualnya inya marasa diri masih anum. Papadah pagurunya sakira maamalakan ilmu nang dipakulih balum digawi manuntung. Balum sawat sabulan inya turun gunung, handak kawin hudahlah? Ditatawa akan pagurunya narai kaina. Artinya sabuting apilan kada kawa diliwatinya hudah. Inya taguda bibinian. Banaran haja pang tagudanya lain taguda nang kada baik. Wajar haja urang tu handak kawin luku? Tatarik lawan bibinian?
“Ni, ulun muhun ampun lawan maap haja pang, Pakacil lah?”
“I’ih ah. Kaya apa maksut ikam sabujurnya?”
“Tarang tarus haja. Ulun ni katuju banar lawan Diyang Ruyan anak pian tu. Jadinya am ulun asa karasaan banar bagana di rumah pian ni. Saban hari asa handak baparakan haja lawan diinya.
Mandangar tatakunan pian tuti, hanyar pikiran ulun tabuka, sabujurnya ulun ni masih banyak gawian nang balum ulun gawi. Papadah paguru ulun balum ulun gawi manuntung sakira maamalakan ilmu nang ulun pakulih matan sidin di dunia naini, nang tapanting di jagat pandikar.
Tampuli ulun masih anum, balum baisi tanggungan, ulun handak maamalakan dahulu ilmu ulun. Ulun handak balalah hulu maliliyat dunia nang luas ni. Barang ai di dairah Hujung Tanah ni haja, kada usah bakuliling sa-Tanjungnagara-an. (Tanjungnagara yatu sambatan urang lawan Kalimantan lagi bahari).”
“Bujur jua pang maksut ikam naitu. Aku mangarti haja. Mun maksut ikam kaya itu, ni amun kada dianggap ikam mamaksa, aku handak pang manyurung pandapat....”
“Napa tu, Pakacil?”
“Amun ikam handak jua balalah hulu di dairah Hujung Tanah ni, nah sakira aku, kaluargaku di sia, tamasuk Diyang Ruyan ada kaingkutan nang pasti, sakira hubungan ikam lawan anakku jangan rambang, hakunlah ikam amun balarangan haja hulu lawan anakku?”
“Balarangan? Maksud pian baatar patalian hulu?”
“I’ih. Nitu amun ikam mau. Kami gin kada handak mangalihakan ikam. Kami hudah tahu ikam kada baisi kuitan lagi, kadada baisian kula. Jadi asal paguru ikam haja mawakili datang ka sia, itu gin hudah kami anggap ikam hudah balarangan, hudah baikatan lawan anakku.
Maksutku kaya ini kada papa pang. Sakira kami kawa jua manyahuti mun urang kampung atawa urang lain batakun, kanapa kami kada hakun manarima urang badatang? Jadi kami kawa manjawap luku, bahuwa Diyang Ruyan hudah dilarangakan lawan diikam nang lagi balalah di jagat pandikar handak maamalakan ilmu.”
Tadiam Utuh Karinyum mandangar ucapan Pambakal Acut nang kaya itu. Amun dipikir-pikir banaran jua pang maksut sidin tu. Sakira hubungan inya lawan Diyang Ruyan kada maulah rambang lagi, kada manggantung.
“Diyang Ruyan pang kaya apa? Inya hakun hajalah lawan ulun?”
Pambakal Acut tatawa. “Mun inya kada katuju lawan ikam, hakunlah inya baparak lawan ikam?”
“Luku ai inya tapaksa haja mangawani ulun marga dipaksa pian.”
“Kada. Amun sual itu aku yakin haja anakku tu gin katuju lawan ikam. Biar kaya apa gin, anak tu musti maasi lawan kuitannya, iya luku?”
“Mun kaya itu, ulun handak bapandirai hulu lawan Diyang Ruyan lah isuk? Ulun handak mamastiakan, katuju kada inya lawan diulun? Mun inya katuju, isuk tu jua ulun bulik ka gunung handak mambawai paguru ulun ka sia badatang. Mun inya kada katuju, artinya kami kada bajudu, Pakacil ai.”
“Ayuha,” jar Pambakal Acut asa lapang hinak mandangar Utuh Karinyum baucap nang kaya itu.
Kada panjang kisah, wayah dipandiri, Diyang Ruyan kada kabaratan dilarangakan lawan Utuh Karinyum, ari nitu jua Utuh Karinyum bulik ka Gunung Kuntawan handak bapadah lawan pagurunya. Guru Utuh Karinyum tauling wan takurihing mandangar kisah muridnya tu. Baluman sabulan turun gunung hudah babulik pulang. Babuliknya gin kada marga dialahakan urang atawa mainta tambahan ilmu, tagal handak inta kawinakan! Nang ngaran guru lawan pangganti kuitan, Busu Balambang hakun ai dibawai muridnya handak badatang ka rumah Pambakal Acut.
Gasan tanda balarangan tu, Utuh Karinyum manjulung ka Diyang Ruyan galang amas batatah burung anggang ampun aruah bini pagurunya nang dibariakan pagurunya lawan inya gasan a’atarannya. Diyang Ruyan jua manjulungi Utuh Karinyum cucuk galung amas.
“Sakira pian taingat jua lawan diulun amun di banua urang bahuwa di Kampung Dadap hudah ada nang mahadang,” jar Diyang Ruyan. “Mudahan ai pian kada suwah bapaling ka bibinian lain.”
“Lawan cucuk galung tu kawa dijadiakan gaman silip (sanjata rahasia) Utuh ai,” jar Utuh Iban, kaka panuhanya Diyang Ruyan umpat bapandir. Utuh Karinyum baunggut.
Imbah bamalam samalaman di rumah Pambakal Acut, Busu Balambang bulik pulang ka gunung. Ari itu jua, Utuh Karinyum bapadah jua lawan Diyang Ruyan lawan kaluarganya handak balalah (bapatualang) di jagat pandikar. Inya handak manuju ka kutaraja Nagara Dipa.
“Ganang ulun, ka lah?” jar Diyang Ruyan inda marista manulakakan Utuh Karinyum.
“Ikam jangan mahayakan lawan diaku, Ding ai,” jar Utuh Karinyum. “Jangan mamikirakan aku tarus. Kaina ikam garing. Kaluarga ikam jua nang ngalihnya. Paling lawas satahun, kaina aku babulik haja ka sia. Du’a akan haja sakira aku kada tatamu aral salawas aku balalah tu lah?”
“Inggih, ka ai. Nyata ai ulun badu’a tarus gasan kasalamatan pian.”
***
Bersambung ke Bagian 06

Antara Aku, Ibuku dan Calon Isteriku


ANTARA AKU, IBUKU DAN CALON ISTERIKU


Oleh : Abdari Muzara


”KAPAN kau menikah, Di?” Begitulah pertanyaan yang selalu ditujukan kepadaku, baik oleh keluarga, teman sekantor maupun tetangga apabila aku terlibat perbincangan yang akhirnya menjurus ke masalah rumah tangga atau perkawinan. Ujung-ujungnya pertanyaan seperti itu yang tercetus dari mulut mereka.
“May…. May be….!” Sahutku menirukan gaya iklan sebuah rokok. Hanya itu yang dapat kulakukan. Dan, dengan penuh kejengkelan. Sungguh!
Kadang-kadang pertanyaan seperti itu membuatku garigitan, gemas. Usil amat, kataku dalam hati. Memangnya tidak ada pertanyaan lain? Apakah kalau aku tidak menikah, mereka rugi? Pertanyaan basa-basi atau keisengan saja? Tidak ada bahan pembicaraan lain? Huh…! Nanti bila aku sudah menikah, memangnya mereka berhenti bertanya? Kurasa tidak! Kalau terlambat punya anak, aku yakin dari mulut mereka pasti akan terlontar pertanyaan: kenapa belum punya anak juga? Siapa yang buntat, mandul? Kamu….? Atau isterimu?
Dan apabila punya anak, apakah pertanyaan mereka akan berhenti? Kurasa tidak! Sebab pertanyaan berikutnya — pasti — adalah: kapan nambah anak lagi? Kalau lambat-lambat, nanti ketuaan. Sudah pensiun anak masih kecil, akan bikin pusing! Atau…: Kasihan isterimu, kalau mengandung terlalu tua, berbahaya! Resiko tinggi kata orang kesehatan. Bah…, Mauk….!
Kalau anak kedua atau ketiga mancungul, nongol, apakah sudah cukup? Yakin…, aku yakin, pasti tidak. Pertanyaan berikutnya adalah: bla, bla, bla…. Begitulah…, begitulah…! Dan seterusnya. Mauk….! Masih mending kalau pertanyaannya: kapan nambah isteri lagi? Jangan-jangan nanti jawabanku penuh ada emosi: nanti, setelah kamu mati…! Hapuk liur!
Aku merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Profesiku adalah dokter. Pagi bekerja di puskesmas, sorenya aku praktik. Aku tinggal bersama ibuku dan seorang pembantu. Ayahku sudah lama meninggal dunia. Keempat kakakku sudah menikah dan tinggal terpencar di berbagai kota di Kalimantan Selatan bersama keluarga masing-masing.
Usiaku sekarang 30 tahun, suatu usia yang lebih dari cukup untuk menikah dan membentuk sebuah rumah tangga. Dari segi fisik, aku tidak mempunyai masalah. Maksudku, wajahku cukup tampan dan postur tubuhku sedang. Tidak pendek dan tidak terlalu tinggi. Dari segi sosial, pergaulan, aku tidak memiliki masalah bergaul dengan wanita. Buktinya aku sudah enam kali pacaran, dan yang memutuskan hubungan adalah aku, bukan mereka! Lho…? Apakah aku merasa tidak cocok dengan mereka…? Sebenarnya tidak juga!
Masalahnya…, nah ini…! Aku terlalu sayang dan cinta pada ibuku. Wanita yang telah melahirkanku, yang sangat gigih mencarikan biaya kuliahku hingga aku berhasil menjadi seorang dokter. Kini sudah dua tahun ibuku tidak dapat ke mana-mana. Hanya berada di rumah. Aktivitas yang dapat dilakukannya hanyalah duduk atau berbaring di tempat tidur. Mau berjalan harus dipapah. Ibuku terkena stroke. Walaupun aku dokter, bukan berarti aku dapat membuat ibu sembuh atau minimal tidak selalu dibantu ketika berjalan. Aku hanyalah dokter umum, bukan spesialis. Yang mampu kulakukan hanyalah membawa ibu secara rutin berobat ke seorang dokter ahli saraf di Banjarmasin. Untuk menjaga ibu selama aku bekerja atau tidak ada di rumah, maka tugas itu kulimpahkan pada Acil Imah, pembantu rumah kami. Dia kuajari bagaimana memencet telepon rumah kalau sewaktu-waktu perlu menghubungi aku atau keluarga yang lain apabila penyakit ibu bermasalah.
* * *
MUNGKIN akulah satu-satunya dokter puskesmas yang masih membujang di kabupaten tempatku bekerja. Dalam setiap rapat di Dinas Kesehatan kabupaten, aku sering diolok-olok teman sejawat atau kepala puskesmas yang lain. Bahkan kepala dinas atau para kasubdin (kepala sub dinas) dan kasi (kepala seksi) ikut-ikutan mengolok-olok. Aku hanya dapat tersenyum masam. Dalam hati, dongkol bukan main. Dongkol…! Hihhh…!
“Pak Rudi, memangnya bidan desa di tempat kerjamu sudah berkeluarga semua? Sampai-sampai Anda tidak mendapatkannya seorang pun,” kata Dokter Agung di tengah mendengarkan rapat. Suaranya cukup keras, namun berhubung sound system di dalam ruang rapat juga cukup keras, maka suara Dokter Agung menjadi tidak terdengar oleh yang lain. Atau mungkin yang lain pun tengah asyik berbincang-bincang dengan orang di sampingnya.
“Nggak level,” sahutku sekenanya. Aku sedang menerima telepon dari Abdi, teman karibku sejak SMP. Setelah lulus SMA, dia meneruskan kuliah ke teknik sipil, sedangkan aku ke kedokteran. Sama-sama di Unlam. Abdi mengajakku makan di Bincau, tempat rekreasi pemeliharaan ikan di kolam.
“Aku sedang rapat.” Hampir aku berteriak di sela-sela berisik suara orang yang bercakap-cakap. “Bagaimana kalau jam setengah dua?” kataku sambil melihat ke jam tangan. Sudah jam dua belas siang kurang seperempat.
“Baik. Kutunggu di Warnet Lancing, Sungai Paring,” sahut Abdi.
HP kututup. Perhatianku kupusatkan pada kepala dinas kesehatan yang tengah memberikan arahan.
“Kalau nggak level, teman wanita waktu Anda kuliah, kan banyak?” Dokter Agung kembali mencerocos. Aku jadi dongkol.
“Ada dua orang yang pernah jadi pacarku ketika di kampus. Keduanya kuputus, habis tidak ada yang cocok,” sahutku tanpa mengalihkan pandangan ke depan. Perhatianku sedang tercurah pada arahan kepala dinas yang menjelaskan tentang juknis Program JPK-MM (Jaring Pengaman Kesehatan Masyarakat Miskin) yang merupakan “metamorfosis” dari JPS-BK (Jaring Pengaman Sosial Bidang Kesehatan). Gara-gara program inilah aku hampir ditusuk oleh seorang lelaki yang isterinya dioperasi di rumah sakit. Persoalannya sepele: salah paham! Dia minta rujukan dari puskesmas sebagai pasien yang tidak mampu. Maksudnya supaya biaya berobat di rumah sakit diberi keringanan atau bahkan gratis. Aku yang terbiasa dengan sikap idealis, menolak memberikan rujukan karena nama lelaki itu tidak terdaftar sebagai keluarga miskin di wilayah puskesmas tempat aku bekerja.
Lelaki yang sudah lelah karena harus menunggu sang isteri dan kujuk-kujuk, mondar-mandir, ke sana kemari untuk mengurus surat keterangan miskin, kontan naik darah. Dia ternyata membawa pisau, dan langsung dicabut hendak ditusukkan kepadaku. Untung masih dapat ditangkap kawannya. Dia disabar, ditenangkan, kawannya itu dan staf puskesmas yang lain. Lelaki itu segera diberi penjelasan bahwa soal “kemiskinannya” yang tidak terdaftar di puskesmas bukan sepenuhnya kesalahan kami, tapi juga pambakal-nya (kepala desa). Masalahnya: kenapa pada waktu pendataan di desanya dia tidak terdata sebagai keluarga miskin?
Apa jawabnya?
“Waktu pendataan, terus terang ulun (saya, diucapkan oleh yang muda kepada yang lebih tua [bahasa hormat]) memang tidak termasuk miskin. Tapi kalau masalah berobat, apalagi sampai upnama, dirawat-inap, dan operasi di rumah sakit, Bapak tahu sendiri, orang yang sebenarnya tidak miskin pun akan menjadi miskin. Biaya berobat di rumah sakit sekarang ini sungguh mahal. Mencekik leher!
Kadang-kadang kami pikir, pasien dijadikan sapi perahan. Dijadikan korban dari persaingan dokter bersama perusahaan obat. Belum habis obat yang satu dimakan, datang dokter lain dan dengan seenaknya menyuruh kami mengganti obat yang sesuai dengan resepnya. Katanya tidak cocok. Apa tidak gila? Bahkan sebelum isteri ulun dioperasi, biaya operasi pun ternyata dapat dirundingkan. Jadi biaya yang sebenarnya itu berapa? Kami tidak pernah diberitahu secara gamblang!”
Apa yang diucapkan lelaki itu tidak dapat kubantah. Sebab itu kenyataan! Biaya berobat di rumah sakit sekarang ini sungguh mahal. Rumah sakit sepertinya hanya diperuntukkan bagi orang-orang berduit. Dan bagi orang-orang miskin dan terpinggirkan harus puas berobat di puskesmas. Cukup dengan membayar retribusi 2.500 rupiah, maka seribu satu macam penyakit dapat diobati di puskesmas! Rumah sakit untuk penyakit yang ke seribu dua ke atas! Gila!
Setelah menelepon dinas kesehatan, ternyata masih ada jatah Kartu JPK-MM bagi keluarga miskin. Maka “kuota” Kartu JPK-MM untuk puskesmasku ditambah. Bendahara JPK-MM segera membuatkan “kartu miskin” tersebut dan aku pun tanpa banyak cingcong membuatkan surat rujukan untuk isterinya.
* * *
BEGITU rapat usai, aku langsung memacu motorku ke Sungai Paring menemui Abdi. Ketika aku datang, temanku itu masih asyik berinternet-ria. Padahal dia memiliki laptop yang sering digunakan berselancar di dunia maya itu. Mungkin hanya untuk menghabiskan waktu menunggu, dia memilih main internet.
Dengan motor masing-masing kami menuju Bincau. Sambil menanti pesanan kami diantar, aku dan Abdi asyik bapandiran, berbincang-bincang. Abdi memandang ke sekeliling. Dua orang gadis cantik lewat di depan kami. Abdi memandang kedua wanita itu dengan tatapan seorang liur baungan, mata keranjang. Aku terkekeh.
“Ingat yang di rumah, Di,” kataku. Temanku ini sudah punya dua anak.
Abdi tertawa. “Kalau sudah di luar…, yang di rumah aku lupa, Rud,” sahut Abdi tertawa. Jujur. “Aku ke sini justeru ingin refreshing. Ibarat makanan, walaupun di rumah lauknya ayam terus, akhirnya bosan juga, kan? Sesekali aku ingin nila panggang!”
Hampir menunggu setengah jam, barulah pesanan kami datang.
“Lama amat, Bang? Apa nunggu ikannya besar?” gurau Abdi.
“Tidak,” sahut si pengantar tersenyum. Kalem. “Cuma padinya baru dipanen. Lalu diantar ke pabrik untuk digiling, setelah itu dibawa ke sini dan baru dimasak. Ini masih mending, Pak. Biasanya lebih lama lagi. Soalnya padinya kami tanam dulu apabila ada yang pesan nasi di sini. Begitu juga sayurnya, akan kami tanam dulu.”
Aku dan Abdi tergelak. Setelah si pengantar pergi, perbincangan kami yang sempat terputus tadi kulanjutkan. “Nila atau nila…? Jangan samakan lauk dengan isteri,” peringatku pada Abdi.
“Aku ingin mengajarmu bagaimana menggaet wanita.”
“Siwalan,” kataku. “Memangnya aku tidak pernah pacaran…?” protesku pada Abdi. “Kau tahu sendiri, enam kali aku pacaran, keenamnya aku yang memutuskan. Artinya bukannya aku tidak bisa cari pacar atau jodoh, Di.”
“Jadi…, sebenarnya apa masalahmu?”
Aku mengerutkan kening. Kuhembuskan napas kuat-kuat.
“Aku tidak ingin menelantarkan ibuku. Kalau aku berumah tangga, apakah isteriku mau melihat perhatianku lebih terfokus pada ibuku. Kalau sampai bertengkar, pasti hati ibuku akan sakit, terluka” sahutku. “Padahal kau tahu sendiri, kewajiban seorang anak lelaki lebih utama kepada ibunya daripada kepada isteri atau keluarganya sendiri.”
Abdi tertawa. Dia geleng-geleng kepala, lantas terdiam sebentar sebelum melanjutkan ucapannya, “Hanya itu yang ada di pikiranmu?”
“Tentu!”
“Apakah keenam wanita yang pernah jadi pacarmu itu, hatinya demikian buruk sehingga kamu memilih putus hubungan dengan mereka? Pernahkah kau perhatikan mereka betul-betul, apakah ada mimik atau gelagat mereka yang tidak menyukai keadaan ibumu itu?”
Aku menggeleng. “Terus terang…, aku memang hanya berprasangka. Aku yang merasa tidak enak hati. Daripada ada masalah dalam rumah tanggaku kelak, lebih baik aku yang mengambil keputusan. Lagi pula aku tidak ingin ‘menggantung’ mereka dengan asyik berpacaran tanpa menentukan kapan akan menikah.”
“Itu artinya kau berburuk sangka. Terlalu curiga! Paranoid!” kata Abdi dengan kening berkerut.
“Keadaan ibuku membuatku menjadi sensitif, Di,” kataku. “Akulah anak terakhir yang lepas dari beban orangtua, sementara kakak-kakakku sudah lama mandiri, walaupun tidak mampu membantu keuangan kami. Minimal mereka mampu mandiri dalam menghidupi rumah tangga mereka, tidak bikin pusing orangtua lagi. Selain itu, akulah yang belum berkeluarga dan dekat dengan ibu. Mau tidak mau, akulah yang harus mangurubuti (menemani; hidup dalam satu rumah/atap) ibuku. Bahkan sampai aku berkeluarga, pasti tidak akan dapat meninggalkan ibu. Apalagi dengan keadaannya sekarang.”
“Sebenarnya — pada hakikatnya — menurutku, pikiranmu yang begitu justeru adalah pikiran yang picik. Bahkan dapat dikatakan pikiran anak durhaka, bukan pikiran anak berbakti!”
Aku terkejut mendengar kata-kata Abdi itu. “Apa maksudmu?”
“Artinya selama ibumu masih hidup, dalam hatimu kamu tidak ingin kawin, begitu, kan?”
Tanpa terasa aku mengangguk. Walaupun anggukan ragu-ragu. Di hatiku memang ada kebimbangan.
“Menurutmu, itukah gambaran seorang anak yang berbakti?”
Aku merasa tidak mengerti ke mana arah pertanyaan Abdi. Kucoba berpikir untuk memahami kata-kata Abdi itu. Tapi emosiku yang sudah terpicu oleh kata-kata keras Abdi tadi membuat aku tetap tidak mengerti.
“Sebenarnya, tanpa kau sadari, tanpa kau bayangkan…, kamu sebenarnya mendoakan ibumu cepat mati!”
“Hah…!” Aku terkejut sekaligus marah. Sungguh kata-kata Abdi di luar dugaanku. “Kau…, kau jangan macam-macam, Abdi.” Emosiku semakin memuncak. Sungguh, selama puluhan tahun berteman, baru kali ini aku emosi pada Abdi.
“Tadi kau katakan, selama ibumu masih hidup, kamu merasa ragu-ragu untuk kawin. Dan artinya apabila ibumu meninggal, bukankah kau dapat kawin tanpa merasa membebani ibumu? Nah, coba pikirkan, pada hakikatnya kan sama saja kamu berdoa supaya ibumu cepat-cepat mati agar kamu dapat kawin, menikah?”
“Tidak…! Tidak ada maksudku begitu. Tidak ada pikiran sekotor itu di kepalaku. Di hatiku!” Suaraku keras, membuat orang-orang yang ada di sekitar kami memandangku.
* * *
KATA-KATA Abdi selalu terngiang-ngiang di telingaku dalam beberapa hari ini. Kata-katanya memang sangat pedas! Kalau tidak ingat pertemanan kami yang sudah terjalin bertahun-tahun, mungkin di Bincau itulah pertemanan itu akan berakhir. Hampir tanganku yang sudah terkepal hendak kulayangkan ke wajah Abdi. Suara azan ashar yang lapat-lapat berkumandang — alhamdulillah — mampu meredam kemarahanku. Setelah itu suasana memang terasa tidak mengenakkan bagiku. Setelah makan, kami lebih banyak diam sambil mengedarkan pandangan ke sekeliling. Beberapa menit kemudian kami memutuskan untuk pulang.
Akhirnya aku sadar atau memang harus menyadari, aku harus menikah selagi ibuku masih hidup. Memang tidak ada wanita yang sempurna di dunia ini. Aku bukan Nabi Syits (putra nabi Adam AS yang rela tidak beristeri di dunia demi sebuah pertemuan abadi kelak di akhirat dengan sang bidadari calon isterinya).
Apa yang dikatakan Abdi, benar-benar membuka pikiranku. Kalau ibuku meninggal, baru aku menikah, sebenarnya atau pada hakikatnya sama saja aku mendoakan ibu agar cepat-cepat mati agar aku dapat menikah, Naudzubillahi min dzalik….!
* * * *
Banjarbaru, 27 Mei 2008.